Saturday, August 16, 2014

Downlineku, Amanahku, Rekan Kerjaku

Ketika saya pertama join bisnis MLM Oriflame, upline saya, Mba Astriani Karnaningrum (pembuka pintu rezekiku) mengenalkan kepadaku bahwa downline itu adalah amanah dan rekan kerja kita. Waktu itu saya manut aja. Ikut-ikutan nulis amanah dan rekan kerja MANFAAT di update status FBku. Walaupun sebenarnya belum begitu faham sich maksudnya he..he..

Tapi setelah saya setahun jalanin bisnis ini, kata amanah dan rekan kerja itu memang benar. Dan saya benar-benar merasakan itu.

Downlineku, Amanahku
Ya, downline adalah amanah saya untuk membantu mewujudkan impian-impiannya melalui bisnis Oriflame ini. Tapi, gimana upline bisa tahu impian downline-nya kalau tidak pernah ditanya atau sharing. Dan inilah salah satu kerja membina jaringan. Menanyakan impian para downline-nya. Bahkan saya dapat cerita dari Mba Annisa (salah satu downline Mba Astri juga yang udah Sapphir Director) bahwa dia sampai punya buku khusus untuk menuliskan impian-impian para downline-nya. Ini berguna untuk mengingatkan downline-nya saat lagi down, agar kembali bangkit untuk segera mewujudkan impiannya itu.
   
Tidak hanya impian besar, impian yang sifatnya bulanan yaitu target naik level aja itu akan diperhatikan upline. Dan upline akan berusaha membantu juga untuk naik level sesuai target awal bulan. Asalkan si downline juga sama-sama mau kerja bantu dirinya untuk SUKSES. Upline akan mengingatkan target donwline-nya agar on the track action-nya. 

Bisnis ini membuat kita bisa sukses bersama dengan downline-downline kita. Upline tidak egois. Karena pada hakikatnya, jika upline membantu downline sukses naik level, maka upline pun ikutan naik levelnya. 

Inilah yang membuat aku cinta sama bisnis ini. Aku tidak mungkin BISA berhenti karena aku tahu impian-impian downline-ku yang ingin mereka wujudkan. Kalau aku berhenti, artinya aku tidak amanah pada mereka yang menitipkan impiannya padaku.

Downlineku, Rekan Kerjaku
Selain sebagai amanah, downline juga merupakan rekan kerja kita di bisnis Oriflame. Senangnya jalanin bisnis Oriflame adalah karena tidak ada istilah atasan dan bawahan. Karena diri kita sendirilah yang jadi BOS nya. Kalau kata Mba Astri, kita adalah sopir untuk jalur sukses kita masing-masing. Bukan upline kita bukan downline kita yang menentukan sukses kita. 

Downline dan upline bekerja bersama, saling bantu untuk menuju sukses mewujudkan impian. Jam kerjanya tidak perlu diatur-atur seperti jam kantor. Masing-masing punya jadwal kerja sendiri. Upline hanya membina downline, mengarahkan, menunjukan jalan, agar tidak kesasar jalanin bisnisnya. Selebihnya downline mau ikut arahan upline silahkan, tidak pun tidak apa-apa, kalau mungkin downline punya cara kerja sendiri yang cocok dengan dirinya. Upline tidak punya hak untuk memarahi downline-nya. Karena downline adalah rekan kerja, yang levelnya setara. Bahkan downline yang hebat, bisa menyalip level upline-nya. Dan itulah adilnya bisnis Oriflame. Tidak ada istilah upline ongkang-ongkang kaki tidak kerja, tapi dapat uang banyak. Yang kerja keraslah yang dapat hasilnya.

Inilah hal kedua yang juga membuat aku makin cinta dengan bisnis Oriflame. Adil banget sistemnya.

Semoga sharing dari saya ini ada MANFAAT-nya bagi teman-teman yang mungkin selama ini mengaggap semua bisnis MLM sama, hanya menguntungkan upline yang duluan join saja. Tapi Oriflame tidak. Bukan yang duluan join yang berhasil duluan, tapi yang lebih kerja kerasnya, maka dialah yang berhasil duluan.


Salam Berkah, Berlimpah, MANFAAT
Euis Marlina
Manajer 15%    

No comments:

Post a Comment