Saturday, December 27, 2014

Petualangan Oriflame Episode 1

Ini adalah tulisan downline saya yang baru join Oriflame 18 Desember 2014 ini.
-------------------------------------------------------------------------------
Assalamu’alaikum..

Selamat semangat calon – calon entrepreneur sukses! Hoho
Sebelumnya tulisan ini mau aku dedikasikan untuk teman – teman seperjuangan, baik yang sudah masuk ke dunia bisnis maupun yang belum. Kalau yang belum semoga setelah baca tulisan ini jadi tertarik masuk ya. Harus semangat, apa to salahnya masuk ke dunia bisnis sejak dini? Kan keren udah bisa menghasilkan uang sendiri, belajar bisnis lagi, muda lagi, po ra keren? Hihi

Life is a big adventure. Hidup itu petualangan besar. Petualangan bukan sekedar jelajah alam di Bumi Allah, tapi petualangan untuk menjelajah dunia bisnis juga. Disana, kita akan menemukan titik – titik rezekinya Allah yang tersembunyi. Sama kaya petualangan di alam, kita juga akan menemukan titik – titik keindahan di bumi yang tersembunyi. Semoga dengan petualangan besar ini kita akan semakin dekat dengan Sang Maha Segalanya. Illahi Rabbi. Aamiin :)
Pertama tertarik join Oriflame itu karena pas itu postingannya temen saya Septyan tentang Oriflame muncul di beranda, terus iseng – iseng baca dan tak lupa juga ngepoin punyanya teh Euis tentang Oriflame ini. Banyak dari postingannya teh Euis yang kubaca dan akhirnya… jangjang tertarik dah masuk ke dunia bisnis. After that, aku langsung ngechat Septi pagi – pagi pas lagi TO kalau ngga salah waktu itu. Tanya – tanya tentang Oriflame sampai njlimet pertanyaanku yang mungkin buat Septi bingung. Tapi dianya sabar nuturi sampai akhirnya aku jadi deh join Oriflame. Waktu itu hari Kamis, aku baca postingannya teh Euis tentang jadwal – jadwal ketemu downlinenya dan ada tulisan Septyan Wulandari dan Nina Narullita disana. Nah langsung, pas itu aku WA si Septi dan tanya tentang mau ketemuan itu. Eh, aku malah diajak dan alhamdulillah tambah semangat join Oriflame gegara ketemu teh Euis. Hehe.

Malamnya, karena ada jadwal arisan muda – mudi terus aku gunain kesempatan dah buat jualan. Lumayan dari sekian banyak ada 1 yang mau order. Alhamdulillah banget daripada tidak sama sekali. Hoho. Sedih memang kebanyakan cuman pada tanya – tanya tentang produk ini. Waktu itu inget banget pas habis pulang dari ketemu teh Euis aku bilang ke Septi intinya mau minjem parfum yang dia punya buat tester pas arisan muda – mudi. Alhasil ya ada yang beli walau cuman satu orang. Hehe. Lanjut pas malam itu juga, pas lagi arisan muda – mudi ada temenku yang mesen Lipgloss. Tapi beberapa hari kemudian dia bilangnya ngga jadi order soalnya uangnya udah dipakai buat bayar makrab katanya. Hehe tapi gapapa, kata teh Euis harus tahan banting, tahan penolakan maksudnya. Hehehe.
Setiap hari teh Euis itu nyemangati, ngasih semangat untuk selalu semangat. Ngga boleh nyerah kalau udah nyemplung ke dunia bisnis. Ini tantangan. Tantangan terbesar gimana kita dapetin orderan, gimana latihan sabar ketika pada nolak, gimana untuk terus ikhlas berusaha nyari orderan dalam keadaan apapun.

Orderan kedua datang dari temannya Omku ni. Hehe pas aku tawari dia produk oriflame hari pertama setelah join waktu itu, dia ngga bales. Aku sempat protes ke Omku. “Om kok ngga dibales si sama temennya?” terus Omku malah bilang “Mungkin lagi sibuk dia. kerja” ya sudah waktu itu ya hanya menunggu balasan, dan alhasil pagi harinya temennya Omku itu balas intinya mau lihat yang lipstik. Alhamdulillah, peluang lagi. Mbaknya minta aku fotoin semua lipstik yang ada di katalog. Dan alhamdulillah lagi mbaknya pesen yang Giordani. Hoho po ra tambah semangat nek udah gitu? Hehe.

Hari Minggu tiba. Kali ini aku udah nemu target selanjutnya. Mbak – mbak yang belum lama menikah. Pas itu entah kenapa tau – tau nemu cara biar bisa ketemu mbaknya. Apa caranya? Nyapu jalan di depan rumahku. Karena sebelumnya mbaknya itu lewat depan rumahku mau belanja katanya, nah tiba – tiba ada ide deh buat nawari mbaknya produk Oriflame. Terus ketika dia lewat rumahku aku minta dia berhenti dan perlahan aku tawari produk oriflame. Mbaknya sempat bilang “Nanti ya nok” gitu. Terus aku nerusin nyapu dan berdo’a semoga mbaknya ngga PHP. Terus habis nyapu tiba waktunya mandi. Nah pas baru aja masuk kamar mandi, adikku bilang ke Ibu katanya dia habis ketemu mbak Eka (mbak yang pas nyapu tadi kutawari produk Oriflame). Adikku bilang katanya mbak Eka itu sebenarnya pingin datang ke rumahku tapi malu ngga punya uang. Hehehe “Emangnya kalau mau ke rumahku harus bawa uang gitu ya mbk?” batinku. Terus ibu bilang ke aku intinya disuruh datang aja coba nawari. Siapa tau ada yang tertarik.

Habis mandi lanjut ke tempatnya mbak Eka. Nawari produk. Pas mbaknya buka halaman per halaman katalog dianya cuman bilang “Ha mahal banget”. Aku jelasin panjang lebar kalau Oriflame itu produk dari Swedia mbak. Produk luar negeri paling murah dan sebagainya. Pas dia nyoba tester parfum yang tertera di gambar, mbaknya bilang “Ini kok bisa e digosok terus bisa ada baunya?” Aku jawabnya polos aja “Ya ada rahasianya lah mbak, tapi aku juga ngga tahu kenapa bisa gitu” hahaha terus mbaknya ketawa gitu. Pas datang kesana aku ditanya kenapa sih jualan kaya beginia segala? Gitu katanya. Lha aku jawab latihan bisnis sejak dini kan ngga masalah mbak, punya penghasilan dengan bisnis kan keren mba. Nah mumpung masih muda kenapa ngga diupayakan nyemplung didunia bisnis dari sekarang? Tantangannya besar bisnis itu. Tapi keren banget, karena apa? Lewat bisnis kita bisa belajar gimana sabar yang bener, gimana ikhlas yang bener. Seru. Karena aku suka adventuran, jalan nanjak, tikungan tajam, jalannya licin, kedinginan, dan seabrek hambatan lainnya buat sampai puncak adalah tantangan. Sama kaya bisnis, yang namanya ditolak itu tantangan, tinggal gimana kita menghadapinya bukan? Hoho. Habis dari rumahnya mbak Eka, aku dapat WA dari temannya Omku, katanya dia mau order lagi. Alhamdulillah, akhirnya siang itu bisa order lebih dari 200rb. Alhamdulillah walau yang orderin waktu itu teh Euis karena waktu itu lagi error buat login. Maklum rada pelosok tempatku dekat pantai. Hoho.

Lanjut, sorenya teh Euis bilang, “Siti besok tinggal ambil barang di Oriflame. Bayarnya sekian rupiah”. Pas buka WA dari teh Euis itu kangeeet banget “Apa? Kenapa bayarnya segitu. Aku total ulang Xrupiah tapi teh Euis bilangya Yrupiah” aku langsung bales WA dari teh Euis “Teh, ini beneran bayarnya cuman segini? Totalnya itu Xrupiah lho teh. Jangan – jangan ada barang yang belum diorder”. Teh Euis langsung bales “Iya emang segitu. Bener kok 4 barang. Lumayan kan? Sisanya itu ya keuntungan kamu jualan”. Terus kubalas lagi “Beneran ini teh? Lha ini sisa uang kukembalikan ke pembeli atau gimana?” Tiba – tiba teh Euis langsung telfon. “Siti, itu tu ya keuntungan jualan kamu, kenapa dikembaliin? Ya itu uang kamu, hasil kamu jualan”. Shock banget tapi alhamdulillah pertama kali order keuntungannya udah 64.000 rupiah. Terus teh Euis ceritain kalau dari hasil penjualan Oriflame, Oza downlinenya teh Eus, dan Uplineku, dia bisa jalan – jalan ke Malang, bisa beli HP sendiri. Berkat jualan Oriflame. Tambah semangat dah jadinya habis diceritain kaya begitu. Setelah telefon selesai, aku WA teh Euis lagi. “Teh ini beneran keuntungannya segini? Dosa ngga sih te?. Hehe maklum masih kaget”. Terus teh Euis bilang “Ya ngga dosa lah, orang itu hasil jualan Siti”. Alhamdulillah seneng banget. Allah tau banget kalau pas itu Siti lagi butuh banget uang. Alhamdulillah. Ohiya, uangnya sudah kupakai buat beli paket zenius, terus buat tambahan bayar jaket organisasi. Lumayan kan?

Senin siang, Siti ambil barang sama Septi. Hehe mau tau apa aja hambatan ketika mau ambil barang. Simak terus tulisan ini. Hehehe
Pas berangkat, udah di jalan waktu itu, tau ngga Septi naik motornya kuenceng banget. Aku berasa keteteran banget dan merasa ngga enak karena waktu itu jam 2 siang Septi mau les. Terus pas lampu merah Septi bilang ke aku, mendingan aku nitipin motor ke tempat yang aman, keburu sore katanya. Tambah ngga enak lagi hati ini. Hehe. Terus aku titipin motor di PASTY. Pasar Satwa dan Tumbuhan Yogyakarta (kayaknya si ini kepanjangannya). Dan akhirnya aku bonceng Septi. Di jalan, ramainyaaa ngga ketulungan, dan baru keinget pas itu tu jam pulang kerja. Panas, mana ramai lagi. Tambah ngga enak lagi akunya sama Septi. Macet banget jalan menuju sana berasa ngga sampai – sampai. Terus di jalan, sebelum sampai di Kantor Oriflamenya, tiba – tiba aja ada bapak -  bapak yang mau nglancangi mobil tapi malah berhenti di tengah jalan, nah Septi kan juga kaget waktu itu. Terus dia rem mendadak dan alhasil kakiku kena knalpotnya bapak – bapak yang berhenti di tengah jalan tadi. Sakit? Iya Cuma sebentar tapi terus sembuh kok. Nah, pas masuk ke Oriflamenya, kan ambil antrian ni, lha kan waktu itu aku juga belum tau kalau nomer antrian itu disobek, eh malah ditarik. Terus Septi bilang ini disobek. Aku ketawa dalam hati *malu-maluin banget sih Sit. Hehehe. Pas di Oriflame cerita – cerita banyak sama Septi. Gegara minumanku ketinggal di motor yang aku titipin, terus aku minum di Oriflamenya. Ngga lama habis itu kami langsung pulang. Belum habis lagi hambatanyya, pas mau pulang malah hujan deraaaas. Tapi alhamdulillah tetap sampai rumah dengan selamat. Terima kasih mbak Senior, mbk Uplineku Septyan Wulandari atas kesabaranmu menghadapiku :). Aku harus privat naik motor banter kali ya biar ngga ketinggalan. Hehe.

Oke, sekian dulu ceritaku tentang pengalaman join Oriflame. Pengalaman ini akan berlanjut kok. Ngga berhenti sampai disini. Hayu buat temen – temen seperjuangan aku yang juga lagi berusaha nyari orderan, kita tingkatkan semangat kita. One thing that you must know, aku itu tinggal didesa. Mungkin kalau teman – teman yang tinggal di kota akan lebih mudah menemukan orderan. Makannya harus lebih semangat dari aku yang tinggal di desa. Aku udah nyoba nawari ke ibu – ibu di desa, tapi they told that itu mahal banget. Tapi ya udah lah, kata teh Euis harus tahan penolakan. Harus semangat, harus ningkatin action lagi. Bismillah, semoga Allah ngasih jalan kita semua ya tems.

Dulu, kenapa pingin join Oriflame, soalnya aku pingin ngurangi beban orang tua. Dan berharap banget someday bisa Umrah bareng bapak dan ibu sebelum Siti menikah. Semoga Allah ngasih jalan lewat bisnis satu ini. Aamiin.. bismillah.

Thank’s a lot juga buat Septi yang sudah sabaaaar bianget sama Siti, sabar ngadepin, sabar nuturi. Pokoknya seneng ketemu orang sesemangat Septi, terus terima kasih buat teh Euis karena udah nge-WA tiap hari, ngasih semangat, kasih tamparan keras biar Siti nyadar kalau mimpi jangan setengah – setengah, harus semangat, ngga boleh pesimis, dan lain – lain. Nuhun pisan teh :). Maaf kalau kadang semangat Siti labil, kadang buat teh Euis kecewa. Siti minta maaf sekali lagi. Hehe. Btw mau tau ngga kenapa aku manggilnya teh? Soalnya Teh Euis dari Tasikmalaya dan Siti pernah tinggal di Bandung, jadi tau lah sedikit sedikit bahasa Sunda. Bener nte teh? Hohoho

Sekian tulisan singkat saya, buat yang penasaran apasih Oriflame itu? Buat ngapain bisnis sejak sekarang? Atau punya segudang pertanyaan lainnya tentang Oriflame bisa langsung inbox atau hubungi WA :089668415914, line : sitihadanatulm

Salam entrepreneurship! Life is a big adventure. Ayo, kita jelajahi alamnya Oriflame yang penuh tantangan, bareng – bareng, kita belajar bersama disini, dengan hati – hati biar sampai di puncak tertingginya dengan selamat nanti :) #AgenMANFAAT #NulisAsyik

Siti Hadanatul Ma’rufah
Yogyakarta, 24 Desember 2014. 17.15 WIB

No comments:

Post a Comment